Terbentuk, PWTOI Jadi Wadah Bagi Wartawan TV Online se-Indonesia

Daftar Isi
Keterangan foto: pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Televisi Onlone Indonesia (DPP PWTOI) usai rapat, Jumat (7/7/2023). (Foto: Amsal).

Medan, kedantv.com - Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Wartawan Televisi Online Indonesia (PWTOI) akhirnya terbentuk. Aris HST Sinurat SE MM, sebagai inisiator, akhirnya didaulat sebagai Ketua Umum DPP PWTOI Periode 2023-2028.

Aris Sinurat terpilih secara aklamasi dalam rapat yang berlangsung, Jumat (7/7/2023) malam, di salah satu kafe kawasan Denai, Medan, Sumatera Utara. Rapat dihadiri sejumlah wartawan televisi online dan para content creator video media sosial, yang sejak awal mendukung terbentuknya wadah ini.

Hasil ini juga merupakan bagian kesepakatan awal para inisiator saat rapat di Kebon Sirih, Jakarta, pada Sabtu 1 Juli 2023 lalu. 

"Legalitas DPP PWTOI, sebagai salah satu wadah bernaungnya wartawan televisi online di Indonesia, telah ada melalui SK Menkum HAM yang kita terima pekan lalu," ujar Aris, yang dikenal sebagai owner Kedan TV ini.

Untuk langkah awal, Aris mengatakan akan segera merangkul para penggiat televisi online dan content creator, serta merampungkan susunan pengurus DPP PWTOI yang terbentuk.

Ia kemudian menjabarkan, ide awal lahirnya PWTOI, karena dirasa belum adanya wadah yang sesuai bagi para pewarta televisi online, dan content creator video yang ada di Indonesia.

"Pesatnya perkembangan digital telah mendorong lahir tumbuhnya televisi online. Masyarakat tidak lagi hanya disuguhkan siaran televisi analog atau kabel. Namun, siaran televisi dalam bentuk visual juga telah bertransformasi dalam bentuk online di berbagai aplikasi yang ada. Saat ini, televisi online sudah berada di genggaman masyarakat sehari-harinya," ujarnya.

Aris mengatakan, PWTOI akan menjadi wadah untuk berdiskusi, sharing informasi bagi seluruh penggiat televisi online. Dan diharapkan, turut mendorong lahirnya penggiat televisi online profesional dan bertanggung jawab.

"Karena salah satu misi PWTOI juga mengedukasi masyarakat. Agar lebih bijak, tidak mudah percaya dengan konten visual yang beredar. Saat ini, begitu banyak konten visual yang faktanya ternyata hoax," ujarnya.

Untuk deklarasi dan pelantikan pengurus, Aris mengatakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Senada, Said Ilham Assegaf SE MIkom, yang terpilih sebagai Ketua Majelis Tinggi DPP PWTOI, mengatakan bahwa organisasi tidak semata menjadi wadah bagi wartawan televisi online. Namun, juga menjadi tempat bernaung bagi para content creator video di media sosial.

"Keanggotaan PWTOI tidak terbatas pada jurnalis atau wartawan televisi online saja. Bagi para content creator video, seperti streaming video, podcast dan lainnya, juga dapat menjadikan wadah ini sebagai tempat untuk bernaung," kata Said, yang belasan tahun telah aktif berkecimpung dalam dunia pertelevisian di Indonesia.

Di akhir, ia kemudian mengajak para penggiat kontent vidio online yang ada di Indonesia agar bergabung dalam wadah PWTOI. 

"Melalui PWTOI, mari bersama-sama kita membangun diri menjadi pewarta dan content creator video online yang handal serta profesional," harap Said mengakhiri.

Adapun susunan pengurus DPP PWTOI yang telah terbentuk, yakni Ketua Majelis DPP PWTOI Said Ilham Assegaf SH MIkom, Ketua DPP PWTOI Aris HST Sinurat SE MM, Sekretaris Eduar Ridho, Bendahada Amsal Chaniago SE, Wakil Bendahara Siti Nurjanah. Sementara untuk kepengurusan bidang-bidang akan menyusul disusun.

Selain melaksanakan deklarasi, dalam waktu dekat, DPP PWTOI juga akan menggelar diskusi publik bertema "Kejahatan Perbankan di Era Digital". Diskus publik berlevel nasional ini akan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten di bidang hukum, ekonomi dan perbankan.

Penulis: Arya
Editor: Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />