Kodim 0203 bersama Pemkab Langkat Meriahkan HUT TNI Ke 78 dengan Pembagian Tali Asih kepada Veteran

Daftar Isi

 

Foto: Sekda Langkat  Amril,S.Sos,M.AP saat foto bersama Forkopimda Binjai - Langkat pada upacara Hari Ulang Tahun TNI ke 78 bertempat di Lapangan Asmil Ex-121 kebun lada Kota Binjai, Kamis (5/10/2023). (kedantv.com/istimewa).

Binjai, kedantv.com - Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin SH di wakili Sekda Langkat  Amril,S.Sos,M.AP mengikuti upacara Hari Ulang Tahun TNI ke 78, bertempat Lapangan Asmil Ex-121 kebun lada Kota Binjai, Kamis 5 Oktober 2023.

HUT ke-78 TNI mengusung tema "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" yang disampaikan oleh dandim 0203/LKT  saat upacara. 

Pada upacara peringatan Hut TNI Ke 78 ini bertindak sebagi Inspektur Upacara Dandim 0203/LKT Letkol INF. M. Eko Prastiyo, Perwira Upacara Kapten INF Amir Desember Hutahuruk Pasi Pes Kodim dan sebagai Komandan upacara Kapten INF Wildan Antariksa Danki C Yonif 100/ PS yang merupakan lulusan akmil 2014 dan pengucap Sapta Marga Serda Supianto Koramil 07/Stabat.

Peserta upacara yang mengikuti diantaranya, personil Kodim 0203/LKT, Personil Polres Binjai, Personil Kompi 4 Bataliyon A Binjai, Personil Den Pom Binjai, personil Bataliyon Arhanud 11/WBS, personil Bataliyon 100/PS, Anggota Satpol Binjai, Anggota Komcad, ASN Kodim 0203/LKT dan FKPPI. 

Dalam upacara ulang tahun TNI Ke 78 di kota binjai ini, ada personil TNI yang mendapatkan penghargaan Satyalencana yang di berikan oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo dan di sematkan oleh inspektur upacara secara simbolis kepada Sertu Mulyanto Ton Ban Kipan D yonif 8 Mar Brigif 4 BS Kormar, dianugerahi tanda kehormatan satyalencana kesetiaan 8 tahun dan Serda Ricky Fahmi Babinsa koramil 13/Beranda, dianugerahi tanda kehormatan satyalencana kesetiaan tahu 16 tahun. 

Dandim 0203/LKT Letkol INF. M. Eko Prastiyo menyampaikan amanat tertulis dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam upacara HUT ke 78 TNI, "TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan,hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil mengatasi dengan baik. 

Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan setelah pandemi Covid 19yang melanda dunia, kita saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan,krisis financial, situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dari krisis di berbagai belahan dunia.

Momentum ulang tahun ke-78 ini harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional modern dan tangguh, Sesuai dengan tema yang diusung pada ulang tahun TNI ke-78 yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat Mandiri maju dan sejahtera. 

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024 di mana akan dilaksanakan pemilihan Persiden dan wakil Persiden, pemilihan anggota legislatif yang terdiri dari 258 daerah yaitu pada 38 provinsi 415 kabupaten dan 98 Kotamadya.

Kelancaran dan kesuksesan agenda peserta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. untuk menyiapkan kondisi tersebut para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa untuk menjaga keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan Aman damai dan sejuk. 

Syukuran ulangtahun TNI ke 78 ini di tandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Walikota Binjai,Sekda Langkat Dandim 0203/LKT dan segenap Forkopimda Binjai - Langkat yang berhadir. 

Hut TNI ke 78 yang di selenggarakan oleh Kodim 0203/LKT tidak hanya melakukan upacara dan pemotongan tumpeng saja ada beberapa kegiatan lainnya yaitu pembagian tali asih kepada Veteran, Sembako murah dan defile peserta upacara. 

Turut Hadir mendampingi Sekdakab Langkat; Ketua TP.PKK Langkat Ny.Hj.Endang Kurniasih Syah Afandin, Kadis Perkim Langkat Ilhamsyah Bangun, ST, Plt.Kalak BPBD Langkat H.M.Ansyari,M.Kes, Mewakili Kadis Kominfo Kabid IKP M.Faisal,SE,M.Ikom.

Penulis : Aris
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />