Kadis Dukcapil Dairi Berikan Sosialisasi Tuntas Adminduk

Daftar Isi

 

Keterangan foto : kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang saat memberi kegiatan sosialisasi bagi warga desa Lae Haporas Kabupaten Dairi, Kamis (3/8/2023). (Foto : ist)

Medan, kedantv.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan sosialisasi tuntas adminduk di Desa Lae Haporas dan Desa Lae Luhung, Kecamatan Siempat Nempu Hilir, bertempat di Kantor Desa Lae Haporas, Kamis (03/08/2023).

Dalam kesempatan itu, Kades Lae Luhung Josep Jaminta Siringoringo dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Dinas Dukcapil Dairi untuk hadir dalam memberikan pengetahuan terkait dokumen adminduk di dua desa pada hari ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh perangkat desa dalam membantu warga mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting bagi kita untuk mengetahui banyak hal terkait dokumen kependudukan. Masih banyak warga belum lengkap dokumen, sehingga kita harus paham dan mengerti dalam mengurusnya. Inilah salah satu tugas kita”, ucap Kades Lae Luhung dalam membuka kegiatan tersebut dengan penuh semangat.

Sementara itu Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan kehadiran ke Dua Desa ini adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan seluruh Kepala Desa, Sekdes dan seluruh perangkat desa terkait jenis-jenis, syarat, permasalahan dokumen adminduk. Melalui pertemuan ini, diharapkan seluruh perangkat desa dapat membantu seluruh warga dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Kabupaten Dairi terdiri dari 15 kecamatan, 161 desa dan 8 kelurahan dengan jumlah penduduk 321.546 jiwa, masih banyak warga belum memiliki dokumen adminduknya sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk mencapainya, salah satunya dengan melaksanakan sosialisasi tuntas adminduk. Dinas Dukcapil bersama Pemerintah Desa harus berkolaborasi memberikan pelayanan terpadu kepada warga sehingga secara bertahap dapat terselesaikan”, tuturnya.

Ia juga menyebutkan bahwa berdasarkan data cakupan kinerja pelayanan adminduk akhir juli 2023, akta lahir diatas 18 tahun, Kartu Identitas Anak (KIA), akta perkawinan menjadi skala prioritas untuk diselesaikan. Selain itu, penuntasan KTP-el bagi warga yang berusia 17 tahun juga menjadi penting.

Deddy juga menjelaskan berdasarkan data penggunaan layanan perkebbas di kedua desa ini belum berjalan dengan baik terbukti dokumen yang diajukan masih sangat minim. Permasalahan terkait jaringan internet, perangkat komputer dan printer termasuk personil atau operator dapat segera dicari jalan keluarnya karena desa ini akan tertinggal dengan Desa-Desa lain diwilayah Kecamatan Siempat Nempu Hilir.

Perkebbas merupakan inovasi layanan kependudukan yang telah meraih penghargaan Lomba Inovasi Daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.

Kadis juga berharap untuk mempercepat penuntasan dokumen adminduk warga, harus dilaksanakan pelayanan kerumah-rumah atau door to door untuk mendata, mengidentifikasi, mengecek seluruh dokumen warga yang sudah atau yang belum. Apabila belum lengkap, perangkat desa terutama kepala dusun untuk membantu pemberkasannya sehingga dapat diajukan melalui layanan perkebbas, ke Kantor Camat Siempat Nempu Hilir atau ke Dinas Dukcapil Dairi.

Dalam paparannya, Ia juga menjelaskan layanan Call Center Dukcapil Dairi 081 2323 8 8383 dan 081 2323 8 3434, hadir untuk membantu seluruh warga termasuk perangkat desa bertanya terkait pengurusan dokumen adminduk, cek data penduduk dan lainnya. Silakan dimanfaatkan secara maksimal untuk kelancaran dalam melayani warga.

Setelah paparan, dilanjutkan diskusi, tanya jawab dan kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Lae Haporas. Sebelum meninggalkan desa tersebut, foto bersama didepan kantor Desa Lae Haporas.

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si bersama pejabat fungsionalnya, Listra Pasaribu, SE, Yohanna Pratedina Ketaren, SE, Hetty Sitorus dan staf Awardi Simanullang. Sedangkan peserta yang hadir Kepala Desa (Kades) Lae Haporas Lambok Simbolon dan Kades Lae Luhung Josep Jaminta Siringoringo bersama Sekretaris Desa (Sekdes), Seluruh Perangkat Desa dan Kepala Dusun dari Dua Desa tersebut.

Penulis : Aris
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />