Pasca Bersalin di RSUD Sidikalang, Keluarga Terima Dokumen Adminduk

Daftar Isi
Keterangan foto : keluarga Mangihut menerima adminduk di RSU Sidikalang, Kamis 6/7/2023). (Foto : Sondang).

Dairi, kedantv.com - Program Dairi Gerak Cepat Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terus dilaksanakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang melalui penyerahan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) pasca ibu-ibu bersalin.

“Secara konsisten diserahkan akta kelahiran anak dan perubahan Kartu Keluarga (KK) bagi ibu-ibu yang bersalin di rumah sakit ini. Kami berupaya semua yang bersalin ini memperoleh dokumen adminduk sehingga tidak perlu lagi repot mengurusnya ke Dinas Dukcapil”, tutur Direktur RSUD Sidikalang dr. Pesalmen Saragih diwakili petugas medis sekaligus operator perkebbas RSUD Sidikalang Sahat Maruliatua Sibarani yang ditemui di rumah sakit tersebut, Kamis (06/07/2023).

Persyaratan untuk mendapat ini layanan ini sangat mudah seperti KTP-el suami isteri, Kartu Keluarga, Akta Nikah atau Buku Nikah dan mengisi formulir. Sekalian itu, nama bayi juga harus diserahkan untuk pencantuman nama bayi di akta lahir, KK dan KIA.

“Hari ini, kami menyerahkan dokumen adminduk kepada keluarga Mangihut Pandapotan Sitorus -Netty Dosma Roha Tumangger, yang bertempat tinggal di Buluh Laga, Desa Lau Perimbon, Kecamatan Tanah Pinem. Keluarga ini akan membawa pulang akta lahir dan Kartu Keluarga. Sedangkan KIAnya akan diberikan segera”, ungkap Sahat Maruliatua Sibarani dengan senyum.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengucapkan terimakasih kepada RSUD Sidikalang yang secara terus menerus memberikan pelayanan terpadu pelayanan urusan dokumen adminduk.

“Pelayanan ini berhasil dengan melibatkan layanan adminduk online atau dikenal dengan perkebbas. Melalui perkebbas ini, RSUD dapat langsung mencetak dokumen adminduk dan selanjutnya menyerahkan kepada keluarga yang akan pulang dari rumah sakit tersebut. Layanan online ini memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat”, jelas Kadis dengan semangat.

Terlihat Direktur RSUD Sidikalang dr. Pesalmen Saragih diwakili Sahat Maruliatua Sibarani menyerahkan dokumen adminduk kepada keluarga Mangihut Pandapotan Sitorus -Netty Dosma Roha Tumangger disalah satu ruang rawatan RSUD Sidikalang.

Penulis: Sondang Silalahi
Editor: Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />