Aktivis 98 : Persiapan PON ke XXI sudah On The Track, 5 Target Sukses Akan Tercapai

Daftar Isi

Keterangan foto: Logo Pon XXI Aceh-Sumut 2024 (Foto: ist).

Medan, kedantv.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi mengatakan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara (Sumut) sudah mencapai 44%, baik fisik maupun non fisik. Keseluruhan persiapan tersebut, baik venue atau atlet paling lambat akan selesai di awal September 2024 termasuk stadion.

Menyikapi progres persiapan PON XXI yang on the track dan sesuai jadwal tersebut, Kordinator Forum Aktivis 98 Muhammad Ikhyar Velayati memberikan apresiasi terhadap kinerja gubernur beserta stake Holder terkait dan yakin 5 target PON Aceh-Sumut akan tercapai.

" Kinerja Gubernur beserta Kadispora dan Panitia dalam mempersiapkan PON XXI sudah on the track dan tepat waktu, saya yakin target sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi,pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta pemanfaatan fasilitas pasca even akan terwujud," Kata Ikhyar di Medan, Senin (10/7/2023)

Dukungan masyarakat Sumut dan stake Holder olah raga terhadap pemprovsu dan Panitia PON XXI tersebut menurut Ikhyar karena masyarakat menyadari dampak ekonomi dan wisata yang akan di peroleh jika even olah raga tersebut sukses terlaksana

" dukungan masyarakat yang cukup besar terhadap pemprovsu tersebut karena menyadari dampak jangka pendek maupun jangka panjang dari even tersebut," jelas Ikhyar

Ikhyar menambahkan, Coba bayangkan, akan ada ratusan ribu yang datang ke Sumut dan memenuhi stadion dan membelanjakan uangnya untuk akomodasi mulai dari makan minum, cendra mata, penginapan dan lainnya, akan ada perputaran dan transaksi duit berjumlah ratusan milyar,"

" kemudian dalam jangka panjang, branding Sumut sebagai pusat olah raga dan wisata akan menjadi magnet bagi magnet bagi EO Nasional dan internasional untuk menyelenggarakan even even yang berkelas internasional sehingga kegiatan kegiatan berkelas dunia akan menjadi sumber devisa dan pemasukan bagi pemprovsu dan tentunya sumber rezeki dan pendapatan baru bagi masyarakat dan UMKM," tutur ikhyar

Sebelumnya diberitakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjelaskan progres persiapan PON XXI Aceh-Sumut usai rapat bersama staf khusus Panitia Besar (PB) PON Cucu Sumantri, serta OPD Pemprov Sumut. Bagian yang benar-benar sudah selesai menurut keterangan Edy Rahmayadi yaitu dokumen dan rencana penganggaran.

“Semua dokumen telah selesai, yang harus dianggarkan di 2024 juga sudah, dengan kata lain perencanaan sudah selesai, anggaran tinggal menunggu ketok DPRD, ini Saya cerita Sumut ya,” kata Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus di depan Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (5/7).

Terkait stadion utama, Edy Rahmayadi mengatakan, saat ini dalam masa tender dan ditargetkan akan selesai Juni 2024. Sedangkan untuk stadion atletik, Edy Rahmayadi menegaskan akan selesai di tahun ini, begitu juga dengan beberapa venue lainnya.

Stadion sedang tender, stadion juga pakai sistem tahun jamak, bulan Juni 2024 harus sudah jadi, kalau stadion atletik tahun 2023 ini harus sudah selesai, di situ nanti ada badminton, atletik dan martial art, gitu juga venue lainnya, harus selesai tahun ini,” kata Edy Rahmayadi.

Penulis : Zultaufik
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />