Wali Kota Medan Beri Bantuan ke Mesjid Salamiyah, BKM: Sangat Bermanfaat untuk Perluasan

Daftar Isi

 

Keterangan foto: Asisten Pemerintah dan Sosial serahkan bantuan, Jumat (25/8/2023). (Foto: ist).

Medan, kedantv.com - Bantuan senilai Rp 50 juta rupiah untuk kemakmuran mesjid diberikan Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada BKM Mesjid Salamiyah. Bantuan ini diserahkan ketika Safari Jumat yang dilaksanakan Pemko Medan di Masjid Salamiyah jalan Bunga Wijaya Kusuma, Medan Selayang, Jumat (25/08/2023).

Penyerahan bantuan ini dilakukan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintah dan Sosial, Muhammad Sofyan yang diterima Ketua BKM Mesjid Salamiyah, Farid Wajedi. Selain untuk kemakmuran mesjid, Pemko Medan melalui Perangkat Daerah juga memberikan sejumlah bantuan seperti akte pendirian koperasi, bantuan sosial, 2 unit gerobak usaha, satu set peralatan tenis meja dan rak buku lengkap dengan buku bacaan.

Dalam membacakan sambutan Bobby Nasution, Aspem menyampaikan mesjid merupakan Baitullah atau rumah Allah SWT yang menjadi tempat bagi kita umatnya untuk memohon perlindungan dan ridho dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Menurut Aspem selain menjadi tempat beribadah kepada Allah SWT, fungsi mesjid juga menjadi pusat pendidikan dan pembelajaran, penyelesaian permasalahan umat serta pusat pemberdayaan ekonomi umat.

"Fungsi ini sudah berjalan sejak zaman Rasulullah Saw dan kini menjadi tugas bagi kita untuk menghidupkan dan meningkatkan kembali peran mesjid bagi kehidupan, terkhusus untuk mesjid Salamiyah di Kecamatan Medan Selayang," kata Sofyan.

Ditambahkan Sofyan, saat ini Pemko Medan memiliki program yang tidak hanya dapat memakmurkan mesjid tetapi lingkungan disekitar mesjid yakni Program mesjid Mandiri. Melalui program ini Pemko Medan menginginkan pemberdayaan mesjid yang dampak positifnya diterima masyarakat khususnya disekitar mesjid.

"Kami dapatkan informasi bahwa Mesjid Salamiyah sedang melakukan perluasan mesjid. Pastinya Pemko Medan menyambut baik dan mendukung perluasan mesjid segera terealisasi, agar program mesjid mandiri dapat terlaksana di mesjid Salamiyah," ujar mantan Kasat Pol PP Kota Medan.

Sofyan yang hadir bersama segenap Pimpinan Perangkat Daerah diantaranya Kadis Kominfo Arrahman Pane, Kadispora Pulungan Harahap, Kadisdukcapil Baginda P Siregar dan Kadis Sosial Khoiruddin Rangkuti berharap bantuan yang diberikan kepada BKM Mesjid Salamiyah dapat dikelola dengan baik khususnya mempercepat proses perluasan mesjid sehingga umat muslim yang beribadah di sini dapat lebih nyaman dan tenang.

"Kami berharap kepada BKM mesjid agar dapat bersama-sama mewujudkan Kota Medan sebagai peradaban agama Islam. Pemko Medan juga saat ini fokus terhadap pembangunan Islamic Center di Kecamatan Medan Labuhan, sebagai upaya nyata mewujudkan peradaban tersebut," sebut Sofyan.

Sebelumnya Ketua BKM Mesjid Salamiyah Farid Wajedi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk kemakmuran mesjid. Menurutnya bantuan ini sangat bermanfaat, sebab saat ini mesjid memerlukan sejumlah dana karena sedang tahap perluasan.

"Inilah kondisi mesjid kami, saat ini sedang tahap perluasan karena mesjid tidak dapat lagi menampung jemaah terutama saat ibadah salat tarawih dan salat Ied. Banyak kaum ibu yang terpaksa salat diluar karena tidak muat beribadah di dalam mesjid. Atas bantuan yang diberikan pak Bobby Nasution ini kami mengucapkan terima kasih, sangat bermanfaat untuk perluasan mesjid," ujarnya.

Sementara itu masyarakat terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dalam Safari Jumat yang dilaksanakan Pemko Medan. Tidak hanya jemaah pria, ibu-ibu pengajian dan remaja mesjid juga turut hadir meramaikannya.

Penulis : Aris
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />