Studi Kajian ke RSUD Sidikalang, RSUD Kabanjahe Upayakan Kenaikan TPP Dokter Spesialis dan Peningkatan Pelayanan

Daftar Isi

 

Keterangan foto : peserta TPP berfoto bersama di aula RSU Sidikalang, Selasa (29/8/2023). (Foto : Sondang Silalahi).

Dairi, kedantv.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang menerima kunjungan studi kaji dari RSUD Kabanjahe yang dipimpin langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Karo Caprilius Barus, bertempat di Aula RSUD Sidikalang, Selasa (29/8/2023).

Dalam sambutannya, Caprilius Barus menyampaikan tujuan kunjungan tersebut untuk bertukar informasi, pikiran, dan wawasan dalam meningkatkan kesejahteraan dokter spesialis serta peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Karo.

“Tambahan penghasilan pegawai (TPP) dokter spesialis di Dairi sudah diterapkan dan saya yakin di Dairi sudah ada aturan berupa peraturan bupati atau peraturan daerah yang menjadi acuan dalam peningkatan TPP tersebut. Jadi kami ingin mengadopsi kebijakan tersebut untuk dapat kami terapkan di daerah kami,” ujar Caprilius.

Dijelaskan Caprilius, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Karo memiliki tingkat kemampuan daerah yang berbeda, sehingga nantinya RSUD Kabanjahe juga akan melakukan kunjungan ke daerah lainnya untuk memperoleh pertimbangan dalam menerapkan keputusan.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur RSUD Kabanjahe dr. Evanita Bangun. Disampaikan Evanita kunjungan tersebut dilakukan untuk memperoleh informasi dan wawasan dari peraturan-peraturan yang ada di Dairi, sehingga dapat meningkatkan penghasilan dokter spesialis di RSUD Kabanjahe.

“TPP dokter spesialis di Kabanjahe sudah lama tidak ada perubahan, maka kami ingin berdiskusi dengan Bapak Ibu yang ada di Dairi, karena seperti yang kita ketahui bahwa profesi dokter spesialis tidak bisa disamakan dengan pegawai secara umum dan mulai terdapat kelangkaan dokter spesialis,” ucap Evanita.

Mendengar hal tersebut, Bupati Dairi Eddy Berutu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jhonny Hutasoit menyambut baik maksud kedatangan RSUD Kabanjahe.

“Kami sangat senang atas kehadiran Bapak/Ibu dari Kabupaten Karo. Mungkin terdapat beberapa hal yang sudah diterapkan di RSUD Sidikalang namun belum diterapkan di RSUD Kabanjahe atau pun sebaliknya, sehingga kita bisa saling mengadopsi hal-hal baik dari masing-masing instansi,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Jhonny, melalui pertemuan studi kaji diharapkan akan ada banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran untuk mengelola pemerintahan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di kedua kabupaten.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Sidikalang Pesalmen Saragih menyampaikan terima kasih atas kedatangan RSUD Kabanjahe.

“Melalui kunjungan ini kiranya RSUD Sidikalang dan RSUD Kabanjahe dapat sama-sama berproses untuk menjadi lebih baik,” ucap Pesalmen.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Henry Manik, Kepala Bagian Ortala Setdakab Dairi Bernard Naibaho, dan Tim Studi Kaji RSUD Kabanjahe.

Penulis : Sondang Silalahi
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />