Magabudhi Medan dan Sumut Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Wong : Teruslah Berkontribusi Dalam Mengembangkan Ajaran Budha

Daftar Isi

 

Keterangan foto: Magabudhi sumut dan medan saat dilantik, Sabtu (05/08/2023). (Foto: Aris).

Medan, kedantv.com - Pengurus Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) PD Sumut dan PC Medan periode 2023-2028 resmi dilantik oleh Pengurus Pusat Magabudhi diwakili Ketua Bidang Sarana dan Hukum, PMd Judha Hartono yang berlangsung Gedung Vihara Mahasampatti, Sabtu (05/08/23) malam.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Utara, DR Budi Sulistiyo, S.Ag M.Pd, MH, Ketua Permabudhi Sumut, Wong Chun Sen Tarigan, Ketua Yayasan Vihara Mahasampatti, PMd Burhan Bhattiphalo, SE, CHT, Ketua Yayasan Budha Sayankita, Upacarika Eka Prasetya, Ketua Yayasan Dharma Manggala, Tanyung, serta para pengurus PD Magabudhi Sumut dan PC Magabudhi Medan.

Dalam sambutannya, Ketua Permabudhi Sumatra Utara, Wong Chun Sen Tarigan mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pengurus Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) PD Sumut dan PC Medan.

Sebagaimana dalam sambutannya, Wong menyampaikan para pengurus PD dan PC Magabudhi selama ini sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsi nya meskipun belum dilantik, mereka telah memberikan kontribusi yang begitu luar biasa dalam membantu perkembangan ajaran Buddha di Sumatera Utara dan Kota Medan.

"Salahsatunya dari keikutsertaan dan partisipasi dari PMd. Khadirin dan PMd. Budi Darmawan beserta jajarannya di PERMABUDHI SUMUT dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pengabdian terhadap umat Buddha," ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Permabudhi Sumut, Wong Chun Sen Tarigan mengatakan Magabudhi sebagai salah satu majelis agama Buddha yang ada dan telah lama berkembang, berkiprah di Indonesia.

Tentunya melalui program program yang ditetapkan dalam memberikan kontribusi berupa pembinaan terhadap umat Buddha baik dalam hal pendidikan, social kemasyarakatan, social budaya, keagamaan bersama sama dengan organisasi KBTI (Keluarga Buddhis Theravada Indonesia) lainnya yaitu STI (Sangha Theravada Indonesia), Patria (Pemuda Theravada Indonesia), Wandani (Wanita Theravada Indonesia) dalam mengemban tugas pembinaan, pelayanan kepada seluruh umat khususnya umat Buddha sesuai dengan motto Magabudhi "Mengabdi Tiada Henti".

Oleh sebab itu, Wong yang juga Ketua Permabudhi Sumut, sekaligus legislator Medan, menegaskan memberikan dukungan maksimal kepada para pengurus PD dan PC terpilih dalam melaksanakan tugasnya dan budaya, dan diharapkan dapat mengaktualisasikan semangat mengabdi tiada henti tersebut dalam masyarakat.

Senada dengan itu, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Utara, DR Budi Sulistiyo, S.Ag M.Pd, MH, mengatakan di Provinsi Sumatera Utara, umat Budha terdiri dari keanekaragaman sisi budaya dan majelis agama Budha. Magabudhi termasuk salah satu yang mewarnai majelis agama budha di Sumut. "Selamat dan sukses atas pelantikan PD Magbudhi Sumut dan PC Magabudhi kota Medan. Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab organisasi agama Budha ini dengan baik dan profesional. Karena melihat perkembangannya, saya berharap dapat dikembangkan sayapnya dibdarrah kabupaten dan kota se provinsi Sumut dengan mengacu pada Undang-Undang yang berlaku,"ucapnya.

DR Budi Sulistiyo juga berpesan terhadap Magabudhi di daerah dapat bersinergi dengan organisasi keagamaan lainnya
yang memiliki keheterogenan agama di Sumut diharapkan dapat bersatu dalam situasi atau even even tertentu.

Lebih lanjut dijelaskan lagi, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Utara akan melakukan even keagamaan Budha untuk menggali seni dan budaya umat Budha yang sudah lama.ditnggalkan.

Disebut lagi, Umat Budha di Sumut terdiri dari etnis Tionghoa, etnis Karo (8 Vihara Karo), etnis umat Budha Tamil ( Hindia), dan etnis Jawa.

"Kita akan mengadakan event budaya yang akan menjadi inisiator dan pertama di Indonesia yang memiliki 4 etnis. Sebenarnya ada Batak. Nanti akan dilaksanakan lomba seni kecapi yang sudah lama di tinggalkan. Mudah mudahan ini akan menjadi atmosfir bagi anak anak muda umat Budha. Ini lah upaya upaya Pembimnas Budha dalam menjalankan program-programnya,"sebut Budi.

Budi juga berharap Magabudhi dapat mengaktifkan kegiatan kegiatan di Vihara. Dapat dilaksanakan dengan bersinergi dengan pengurus Vihara.

Terpisah Ketua PD Magabudhi Sumut, Khadirin menegaskan melanjutkan harapan dan tujuan yaitu dengan mengembangkan Budha Darma atau Ajaran Sang Budha sesuai dengan misi "Tulus mengabdi tiada henti".

Lanjutnya lagi tentunya memgembangkan Budha Darma atau ajaran kebenaran dari masa ke masa kita akan selalu turut mengajarkan tentang kebenaran yaitu untuk mengabdi kepada umat budha.

Ia pun mengucapkan terimakasih atas kehadiran PC Magabudhi Deli Serdang dan Asahan.

Adapun pengurus PD Magabudhi Sumut periode 2023-2028 diantaranya Ketua PMd Khadirin, S.Ag, Sekretaris Upc Paulus, Bendahara Upc Johnny, Wakil Bendahara, Upc Herman, Ketua Bidang Organisasi, Upc Yusen Effendy, Ketua Bidang Pendidikan, Upc William, Ketua Bidang Publikasi Upc Ashok dan Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, Upc Otto.

Sedangkan pengurus PC Magabudhi Medan, Ketua PMd Budi Darmawan, Sekretaris Rudy Hartono dan Bendhara Chintya Limurty. 

Penulis : Aris
Editor : Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />