[Video] Wagirin Arman Pemrakarsa Kegiatan, Puluhan Pawai Obor Dengan Miniatur Masjid Memeriahkan Takbir Akbar Deli Serdang

Daftar Isi










Deli Serdang, kedannews.com - Wagirin Arman selaku pemrakarsa kegiatan Pawai Obor Takbir Akbar Kabupaten Deli Serdang sejak tahun 2.000an, bersama keluarga menghadiri festival tersebut, Rabu (28/06/2023) di malam hari.

Ribuan massa muslim sangat antusias menghadiri festival tersebut yang dipusatkan di lapangan Desa Klambir Lima Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya hari raya Idul Adha 1444 hijriah.

Selain H. Wagirin Arman, S.Sos acara ini dihadiri wakil bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar beserta jajaran, Wakapolres Belawan, Kompol Aris Fianto, Ketua pelaksana kegiatan, Gandy Panigoro, S.AB, PJU Pemkab Deli Serdang, Kepala BPD Desa Klambir Lima Kebun, Suramin Serta Kepala Desa Klambir Lima Kebun, suprayogo.

Selain Pawai Obor puluhan kendaraan hias dengan miniatur masjid juga turut memeriahkan festival ini.

Tarian persembahan mewarnai kegiatan, sebagai bentuk kearifan lokal untuk menyambut para tamu kehormatan dan undangan pada acara-acara.

Kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya serta himne Kabupaten Deli Serdang dan dilanjut dengan doa bersama yang dipimpin al ustad.

Ketua pelaksana kegiatan Gandhy Panigoro, S.AB dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemkab Deli Serdang dan seluruh masyarakat atas dukungannya sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

"Terima kasih kepada Pemkab Deli Serdang dan seluruh masyarakat atas dukungannya sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar," Ungkap Gandhy.

Kepada wartawan disela-sela kegiatan, Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan Pawai Tabligh Akbar ini sekaligus menyambung tali silaturahmi. Karena ini dapat dilihat dari peserta yang ikut tidak hanya berasal Hamparan Perak namun ada juga dari kawasan kecamatan terdekat yang ikut berpartisipasi.

Selain itu lanjut, Ali bahwa Bupati Deli Serdang, H Azhari Tambunan sangat mengapresiasi pelaksanaan pawai Tabligh Akbar yang diprakarsai oleh Wagirin Arman semenjak tahun 1990.

Kalau dulu, lanjut Ali memperebutkan Tropi Bupati Deli Serdang, kini memperebutkan Tropi dari Pemrakarsa yakni Wagirin Arman. Khusus dikawasan Hamparan Perak memang kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahunnya, bahkan pada 2023 ini merupakan kegiatan ke-33 kali.

Tadi lanjut Ali, ia melihat sendiri pelaksanaan ini sangat disambut antusias oleh masyarakat yang berada dikawasan Kecamatan Hamparan Perak.

Untuk kegiatan ini tidak hanya di Hamparan Perak akan tetapi juga diikuti Kecamatan lainnya, bahkan di Kota Lubuk Pakam diadakan juga kegiatan dalam menyambut Perayaan Idul Adha oleh Bupati Deli Serdang.

Senada dengan itu, Pemrakarsa Pawai Tabligh Akbar Wagirin Arman menyebutkan bahwa ini terinspirasi karena pada waktu itu, sebelum masuk listrik dengan memakai obor kami masuk ke lorong-lorong dalam memeriahkan malam takbiran baik pada Perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

Maka sepakatlah pada waktu itu, mendistribusikannya dimana pertama kali dilakukan di Desa Klambir V Kebun, kemudian diikuti daerah lainnya.

Nah untuk melestarikannya, Kata Wagirin yang juga Anggota DPRD Sumut ini pun mengatakan bahwa saat itu Kepala Desa Klambir V Kebun, Pak Nasution dan Kordinator Agama, Pak Yakop, agar tradisi ini terus melanjutkan tradisi menyampaikan siar agama sekaligus merajut tali silaturahmi.

Kata Wagirin lagi, kalau semakin rajin menyambung tali silaturahmi maka dia dikasih panjang umur, dan dimurahkan rezekinya.

Sementara itu, Waka Polres Belawan, Kompol Aris mengapresiasi Festival Pawai Tabligh Akbar, dimana kegiatan ini berlangsung aman dan lancar.

Penulis: Aris
Editor: Cut Riri

Posting Komentar

Bank Sumut" />